Pages

Subscribe:

Rabu, 04 April 2012

Printer dan Scanner

7.0 Pendahuluan
Bab ini akan memberikan informasi penting tentang printer dan scanner. Anda akan belajar bagaimana printer beroperasi, apa yang harus dipertimbangkan saat membeliprinter, dan bagaimana untuk menghubungkan printer ke komputer individu atau ke jaringan.

Printer menghasilkan salinan kertas dari file elektronik. Scanner memungkinkan pengguna untuk mengubah dokumen kertas ke file elektronik. Peraturan pemerintahyang akan meminta catatan fisik, sehingga hard copy dokumen komputer sering sama pentingnya hari ini seperti ketika revolusi tanpa kertas mulai beberapa tahun lalu.



Anda harus memahami pengoperasian berbagai jenis printer dan scanner untuk dapatmenginstal dan memelihara mereka, serta memecahkan masalah yang mungkin timbul.

Setelah menyelesaikan bab ini, anda akan memenuhi tujuan:

Jelaskan jenis printer yang tersedia saat ini.
Jelaskan proses instalasi dan konfigurasi untuk printer.
Jelaskan jenis scanner yang tersedia saat ini.
Jelaskan proses instalasi dan konfigurasi untuk scanner.
Mengidentifikasi dan menerapkan teknik pemeliharaan umum pencegahan untuk printerdan scanner.
Masalah printer dan scanner.

Printer


Definisi Printer : Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Dari berbagai merek dan tipe printer yang ada, secara garis besar kita dapat mengelompokkan printer menjadi 3 jenis saja, yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik.
Media dari printer disebut Kertas Printer atau Continuous Form adalah kertas panjang dan di kanan kirinya terdapat lobang-lobang yang membuat kertas itu dapat bergerak maju apabila digerakkan oleh traktor printer. Satu halaman dengan halaman lain dipisahkan oleh perforasi (lubang-lubang kecil yang menembus kertas untuk tempat merobek kertas). Namun selain kertas printer juga dapat menggunakan kertas biasa, seperti: HVS, Folio, Letter, A4, A3 dan lain-lain. Satuan kecepatan printer dinyatakan dalam CPS (Character Per Second) LPM (Line Per Minute). Printer juga ada yang hanya menghasilkan satu warna dan ada juga yang beragam warna.
Selain hal di atas, dalam dunia komputer juga dikenal istilah dpi. Ini adalah sebuah istilah yang merujuk pada banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut, berikut sedikit ulasanya :
1.       Printer Ink Jet
Printer jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca. Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye. Gambar dibawah adalah printer jenis inkjet yang cukup populer.

Printer Inkjet





2.       Printer Laser
Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet. Satu kekurangan Printer Laser adalah harganya yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.

Printer Laser









3.       Printer Dot Matrix
Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi  cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter  pada kertas. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, dan awet digunakan. Printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.

Printer Dot Matrix








Disamping kelebihan diatas Printer jenis dot matrik mempunyai kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang tidak sebagus printer inkjet dan laserjet, printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup keras yang ditimbulkan dari pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan dengan printer jenis inkjet.

Scanner

Beberapa perangkat komputer (Hardware) yang kami posting terdahulu sepertiPengenalan Tentang USB (Universal Serial Bus)Pengenalan Processor danPengertian dan jenis dari Power Supplay, kali ini Tiara-PC akan posting Artikel tentang Pengenalan Scanner dan Jenisnya.


Scanner ini merupakan sebuah perangkat masukkan (input device) komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen digital komputer atau file komputer. Manfaat umum dari scanner ini adalah untuk membuat arsip dari sebuah dokumen surat dan photo.


Berdasarkan cara penggunaannya, secara garis besar scanner terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu :


1. Hand-held Scanner(Barcode)
Hand-held Scanner(Barcode) termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. 

Hand-held Scanner
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.


2. Plat Bed Scanner.
Plat Bed Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk .

Plat Bed Scanner
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.


Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional.


Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.


Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.


Bagaimana Teman-teman tentang Pengenalan Scanner dan Jenisnya yang Tiara Posting? Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan ya termasuk buat Tiara Sendiri.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar