Pages

Subscribe:

Senin, 26 Maret 2012

Hardware (Monitor)

1.0 Pendahuluan


Teknologi informasi (TI) adalah desain, pengembangan, implementasi, dukungan, dan manajemen perangkat keras komputer dan aplikasi perangkat lunak. Seorang IT profesional memiliki pengetahuan tentang sistem komputer dan sistem operasi. Bab ini akan meninjau sertifikasi IT dan komponen dari sistem komputer dasar pribadi.


Setelah menyelesaikan bab ini, anda akan memenuhi tujuan:

Jelaskan TI sertifikasi industri.
Jelaskan sistem komputer.
Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik kasus dan pasokan listrik.
Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik dari komponen internal.
Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik port dan kabel.
Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik alat input.
Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik dari perangkat output.
Jelaskan sumber daya sistem dan tujuan mereka.


Pengertian Monitor & Jenis - Jenisnya

Monitor adalah output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card. Berdarsarkan teknologi yang digunakan monitor memiliki 2 jenis yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display)

1)    Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRT adalah monitor yang berukuran besar seperti televisi, monitor jenis ini menggunakan tabung gelas yang layarnya berbentuk cembung, selain layar cembung monitor CRT ada juga yang berlayar datar (flat). Monitor ini bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju mundur dibalik layar. Setiap sorotan itu mengenai titik fosfor yang ada di tabung gelas monitor dan selanjutnya menerangi begitu banyak garis dari atas hingga bawah layar sehingga gambar dimunculkan. Monitor CRT memberikan warna yang lebih kaya dalam spektrum penuh dibandingkan monitor LCD. Oleh karena itu, para pendesain grafis lebih memilih moniitor CRT karena langsung bisa membandingkan warna di monitor dengan yang akan dicetak.

2)    Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
 
  LCD banyak ditemukan pada jam digital dan layar laptop atau handphone. LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang berada di tengahnya. Saat arus listrik mengalir dan melalui cairan kristal, kristal itu bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh karena itu, kristal berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk atau diblokir. Monitor LCD memiliki bentuk yang ramping, ringan, dan tipis sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakannya dibanding monitor CRT. Selain itu monitor LCD mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan monitor CRT.
Sumber :
Link 1
           Link 2

0 komentar:

Posting Komentar