Pages

Subscribe:

Sabtu, 07 April 2012

Personal Komputer ( PC )

11,0 Pendahuluan


Dalam karir Anda sebagai teknisi, Anda mungkin harus menentukan apakah komponen untuk komputer pelanggan harus ditingkatkan atau diganti. Adalah penting bahwa Anda mengembangkan keterampilan maju dalam prosedur instalasi, teknik pemecahan masalah, dan metode diagnostik untuk komputer. Bab ini membahas pentingnya kompatibilitas komponen di hardware dan software. Hal ini juga mencakup kebutuhan akan sumber daya sistem yang memadai untuk secara efisien menjalankan hardware pelanggan dan perangkat lunak.

Setelah menyelesaikan bab ini, anda akan memenuhi tujuan:

     Berikan gambaran dari lapangan, terpencil, dan pekerjaan teknisi bangku.
     Jelaskan prosedur laboratorium yang aman dan penggunaan alat.
     Jelaskan situasi yang membutuhkan penggantian komponen komputer.
     Upgrade dan mengkonfigurasi komponen komputer pribadi dan peripheral.
     Mengidentifikasi dan menerapkan teknik umum pemeliharaan preventif untuk komponen komputer pribadi.
     Masalah komponen komputer dan peripheral.



Pengertian Personal Computer (PC)

PC adalah seperangkat peralatan computer yang digunakan oleh satu orang/pribadi, baik dilingkungan kantor, toko, rumah maupun lainnya. computer jenis PC ini berfungsi mengolah data input dan menghasilkan output data informasi sesuai dengan keinginan pengguna atau sering disebut sebagai user.
Dalam pengolahan data, mulai dari memasukkan data hingga menghasilkan informasi, computer memerlukan sistem yang merupakan kesatuan elemen sebagai berikut :
  1. Hardware (perangkat keras) adalah sekumpulan komponen perangkat keras di dalam computer yang secara fisik dapat dilihat, diraba dan dirasakan. Hardware dikelompokkan menjadi 4 bagian yaitu :
-          Device input atau peralatan input (keyboard, mouse, dll)
-          Device process atau peralatan proses dari data input (prosesor, motherboard, memori)
-          Device output atau peralatan output (monitor, printer, speaker, dll)
-          Device peripheral atau peralatan tambahan lainnya (modem, tv tuner, USB flash, dll)
  1. Software (perangkat lunak) adalah program yang  berisi instruksi/perintah sebagai perantara, yang menghubungkan antara hardware dan brainware sehingga menghasilkan informasi sesuai keinginan brainware. Software dibagi menjadi dua golongan yaitu :
-          Software operation system (OS) seperti DOS, Windows, Linux, dll.
-          Software application (program aplikasi) seperti Microsoft office, database management, program grafis, network software, web design tool, utilities, entertainment and education, dll.
  1. Brainware (pengguna) adalah perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan software yang ada di dalam computer, contohnya mengetik surat dengan menggunakan Microsoft word, membuat program aplikasi perusahaan, memperbaiki computer, dll. Berdasarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, pengguna computer dapat dikelomokkan menjadi beberapa kategori misalnya, programmer, operator, technical support, desainer grafis, dll.
Ketiga elemen sistem computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar